Bupati Parosil : Pluralisme Dalam Menjaga Keutuhan Persatuan dan Kesatuan

Lampung Barat (ISN) –
Guna menciptakan koordinasi serta komunikasi yang baik untuk kemajuan daerah, segenap jajaran Forkopimda bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melakukan pertemuan di ruang Bupati, Jum’at (18/1).

Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus menyampaikan, “Demi memajukan dan mempercepat kemajuan pembangunan di Lampung Barat, saya berharap diantara jajaran forkopimda ada komunikasi dan koordinasi yang sejak awal sangat penting, untuk mencegah ada hubungan disharmoni karena ketidaksamaan pandangan atau terjadinya kebuntuan-kebuntuan komunikasi ,terlebih Lambar masyarakatnya majemuk sehingga peran Pluralisme sangat penting dalam menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara yang majemuk ini karena toleransi kerukunan umat beragama yang menjadikan bangsa dan negara ini menjadi bangsa yang besar, berdaulat,adil, makmur,sejahtera dan mandiri,” ujarnya.

Selanjutnya, ditengah masyarakat majemuk seperti di Indonesia menjadi suatu kekayaan dan modal sosial yang amat penting dalam menjaga kesinambungan pembangunan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan mengedepankan Bhineka Tunggal Ika sebagai pemandu dalam menjaga harmoni hubungan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang harus terus kita jaga, kita rawat dan kita lestarikan. memelihara dan menata kerukunan dimulai dari pemahaman dan kesadaran serta pengakuan terhadap perbedaan.

Terakhir, pihaknya berharap para pemuka agama dapat mengambil posisi terdepan dalam pembinaan kelangsungan kehidupan masyarakat yang aman dan damai di Bumi Beguai Jejama ini, hal yang dapat dilakukan adalah menciptakan kerukunan pemeluk agama, bukan agamanya yang rukun, tetapi umatnya yang sama-sama satu bangsa sebab visi kemajemukan dan kemanusiaan yang dimiliki bangsa ini telah terbukti ikut memberikan sumbangan terhadap terciptanya tata dunia yang damai. (mds)

Loading