Dugaan Korupsi Jalan Kubulangka-Banjarnegri, Pelaksana dan Dinas Kompak Bungkam

PT Cempaka Mas Sejati

TANGGAMUS (ISN) – Seolah kompak, pihak yang bertanggung jawab atas pekerjaan ruas jalan Kubulangka-Banjarnegri yang dikerjakan oleh PT Cempaka Mas Sejati dengan nilai Rp. 8 Miliyar bungkam. Mulai dari pihak perusahaan yang sampai dengan saat ini tidak pernah merespon konfirmasi yang dikirimkan melalui telphon dan pesan WhatsApp, begitu juga saat disambangi pada alamat kantor yang ternyata tak berpenghuni.

Selanjutnya pihak dinas pun seolah seirama, tak menggubris konfirmasi yang dikirimkan, mulai dari kepala dinas Pekerjaan Umum (PU) dan juga kepala bidang semua membisu sekana mengamini dugaan korupsi yang terjadi.

Foto red/ ketebalan aspal Jalan Kubulangka-Banjarnegri tak penuhi standar BPK, yang dikerjakan oleh PT Cempaka Mas Sejati dengan nilai Rp. 8 Milyar, foto diambil pada 7 Februari 2021

Berita Terkait : https://www.intisarinews.co.id/tak-hanya-dikorupsi-proyek-milyaran-jalan-kubulangka-banjarnegri-sisakan-hutang/

Diberitakan sebelumnya , Bobroknya pembangunan jalan ruas Kubulangka-Banjarnegri yang dikerjakan oleh PT Cempaka Mas Sejati dengan nilai Rp. 8 Miliyar semakin benerang. Hal tersebut dikatan oleh salah satu pekerja Romzi Edi. Dirinya mengatakan sejak awal dirinya mengikuti dan mengawal pekerjaan tersebut agar kualitasnya baik bagi masyarakat.

” Sejak awal saya ingin pekerjaan ini bagus, maka kami melibatkan masyarakat setempat untuk bekerja, kalo matrial semua bagus boleh diuji dilaboratorium saya berani, jadi konsepnya adalah memberdayakan masyarkat,” katanya. Rabu (17/2/2021).

Foto red/ Kondisi aspal Jalan Kubulangka-Banjarnegri yang dikerjakan oleh PT Cempaka Mas Sejati dengan nilai Rp. 8 Milyar, terlihat sangat tipis sehingga mudah hancur.

Ditegaskannya juga bahwa memang pekerjaan tersebut menyalahi aturan dan tidak sesuai sejak awal pengerjaan banyak tipu-tipu.

” Dari awal saya tidak maling dan saya mengawasi tukang agar tidak maling, kemudian ada permainan dari rekanan tanpa sepengatahuan saya, ada pengawas dari rekanan namanya Asep dan tukang namanya Parno, saya perhatikan dan laporan dari kawan-kawan media, talut tidak dipondasi, ditempel dari bawah dengan adukan semen ala pemborong, ada tanah longsor langsung ditempel-tempel aja seolah-olah itu adalah drainase dan talud,” tambahnya.

Tak hanya sampai disitu, kecurangan juga melibatkan pengawas dan konsultan.

” Jadi pekerjaan ini dari awal memang tanpa onderlagh sesuai dengan aturan baru kementrian, setelah perapian jalan, langsung bes A, lalu timpa hotmix – timpa hotmix yang harusnya ketebalan 15-17cm, namun fakta dilapangan tidak demikian, terakhir ada temuan dari konsultan hanya 7-11cm namun tetap dilegalkan entah nego dengan cara apa,” ujarnya.

Foto red/ Kondisi Terkini Jalan Kubulangka-Banjarnegri yang dikerjakan oleh PT Cempaka Mas Sejati dengan nilai Rp. 8 Milyar. Minggu (31/1/2021)

Baca Juga : https://www.intisarinews.co.id/aroma-busuk-korupsi-pembangunan-jalan-kubulangka-banjarnegri-alamat-kantor-pelaksana-fiktif

Dikatannya lagi bahwa jalan tersebut setalah ditabur batu bes A, lalu dibiarkan selama kurang lebih 3 Mingguan. Baru dilanjutkan kembali.

” Entah apa dasar aturannya saya lupa, jadi jalan itu dibiarkan selama tiga minggu, jadi dilewatin mobil muat kayu, muat apa apa bes A hancurlebur, lalu pura-pura digiling lalu di Hotmix. Hotmix itu pun ngerampok. kalo hotmix mau diuji di tengah jalur datar itu tipi-tipu, semua tipis sekali, tebal pinggit itu hanya akal-akalan. Namun pengawas dan konsultan mengatakn itu boleh dam lolos,” tandasnya.

Baca Selengkapnya : https://www.intisarinews.co.id/hancurnya-jalan-kubulangka-banjarnegri-akibat-pekerjaan-tak-sesuai-volume/

Terpisah, sebelumnya Ahmad Parid Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Tanggamus derah pemilihan (dapil) Cukuh Balak angkat bicara terkait telah hancurnya jalan Kubulangka-Banjarnegri yang dikerjakan oleh PT Cempaka Mas Sejati dengan nilai Rp. 8 Milyar yang baru rampung dikerjakan pihaknya mengatakan bahwa pihaknya sudah berkordinasi dengan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) bahwa ada 16 titik jalan yang sudah hancur akan dilakukan perbaikan.

” Terima kasih Atas kerja media yang peduli dengan pembangun yang ada di Tanggamus. Saya sudah kordinasi dengan PPTK pekerjaan hotmik ruas jalan Banjarnegri-Kubulangka, alhamdulilah hari ini mulai ada perbaikan yang kalau tidak salah ada 16 titik ,” katanya melalui pesan WhatsApp. Minggu (31/1/2021).

oto red/ Proses pengerjaan Jalan Kubulangka-Banjarnegri yang dikerjakan oleh PT Cempaka Mas Sejati dengan nilai Rp. 8 Milyar, foto diambil pada 4 Agustus 2020

Saat ditanya apa penyebab kerusakan jalan, apakarena tidak sesuainya volume pekerjaan, politisi partai PPP ini mengatakan bahwa pekerjaan tersebut sudah sesuai dengan standar.

” Saya dari awal mengawasi pekerjaan saya berkordinasi dengan pptk pekerjaan itu dia pakai stantar kementirian, tidak menggunakan onderlag dia langsung pakai bes A/B. Menurut saya itu tidak cocok untuk kontruktur jalan yang ada di ruas jalan tersebut, tapi itu standar kerja nya seprti itu maka kerusakan itu karna tanah nya yang bergerak. Maka untuk berbaikan saya printahkan kepad PU harus di onderlag kita sama-sama untuk mengawasi dalam perbaikain ini supaya hasilnya bisa maksimal,” tandasnya.

Berita terkait : https://www.intisarinews.co.id/diduga-dikorupsi-baru-rampung-peningkatan-jalan-kubulangka-banjarnegri-sudah-hancur/

Diberitakan sebelumnya, Masyakat Cukuh Balak kecewa dengan pembangunan peningkatan kapasitas struktur jalan Kubulangka-Banjarnegri yang dikerjakan oleh PT Cempaka Mas Sejati dengan nilai Rp. 8 Milyar, pasalnya pekerjaan jalan yang belum genap satu tahun ini telah hancur kembali.

Pekerjaan dibawah Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kabupaten Tanggamus ini diduga kuat dikorupsi, karena tidak sesuai volume dan kerkesan hanya asal jadi.

Baca Juga : https://www.intisarinews.co.id/buruknya-volume-jalan-kubulangka-banjarnegri-diduga-karena-setoran/

Foto red/ penampakan kantor PT Cempaka Mas Sejati tanpa papan informasi, foto diambil pada 16 Februari 2021

Hal tersebut dikatakan oleh salah satu warga, bahwa sangat kecewa dengan kinerja rekanan yang hanya mau ambil untung sendiri.

” Namanya kerja pasti cari untung, tapi jangan sampai juga kaya begini. Belum cukup satu bulan tapi sudah hancur lebur,” katanya belum lama ini.

Berita terkait : https://www.intisarinews.co.id/erlangga-menduga-anggaran-jalan-kubulangka-banjarnegri-jadi-bancakan/

Foto Red/ Surat kuasa penagihan hutang yang di layangkan oleh Baong Subagio pada PT Cempaka Mas Sejati

Tak hanya itu dirinya sangat menyanyangkan kabupaten Tanggamus yang mulai bangkit justru tercoreng kembali dengan ketidak becusan kinerja rekanan dan juga satker dalam pengawasan.

Berita terkait : https://www.intisarinews.co.id/bobroknya-pembangunan-jalan-kubulangka-banjarnegri-dewan-dapil-cukuh-balak-diminta-bersuara/

” Masa harus KPK turun lagi ke Tanggamus, supaya semua bener. Tolong dong kepada satker untuk mengawasi, jangan sampai nanti masyarakat mengadukan ini kepenegak hukum dan jadi ramai lagi yang ditangkep,” tambahnya. (red)

 66 total views,  2 views today