Uang Nasabah di Bank Pemerintah Hilang, Ini Tanggapan Ahli Perbankan UBL

BANDAR LAMPUNG (ISN) – Kabar hilangnya uang nasabah bank Lampung yang merupakan salah satu pejabat Forkopimda Provinsi Lampung, mendapat sorotan Dr. Zulfi Diane Zaini, S.H., M.H.,Dosen Ahli Perbankan UBL.

Diane sapaan akrabnya menekankan pentingnya bank Lampung untuk mempertimbangkan hirarki dalam SOP mereka, di mana atasan memiliki kewenangan atas tindakan bawahannya, terutama dalam hal penyimpanan dana.

” Jika terbukti ada pelanggaran yang mengarah pada kehilangan dana, baik karyawan yang melakukan tindakan maupun atasan yang bertanggung jawab atas pengawasan harus diambil tindakan. Hal ini sesuai dengan UU No 4 Tahun 2023 Pasal 49 ayat (1) huruf a, b, dan c, ” Katanya saat dimintai tanggapan melalui sambungan telepon.

Diane mengingatkan pihak Bank Lampung juga harus mengembalikan dana nasabah sesuai dengan SOP dan memastikan kesalahan berasal dari pihak karyawan.

” Tanggung jawab juga harus dipikul oleh atasan, bukan hanya karyawan. Selain itu, bank Lampung harus menanggung kerugian nasabah dan mengganti dana yang hilang, ” Tambahnya.

Diane menegaskan bahwa penyimpanan dana merupakan informasi rahasia bank, dan tindakan bank tersebut dapat dianggap melanggar prinsip kehati-hatian.

” Jangan sampai nasabah lain takut menyimpan uang di bank,” Tambahnya.

Diane juga menegaskan, Jika tidak ada klarifikasi, bank Lampung dapat terkena tindak pidana perbankan.

“Oleh karena itu, permohonan maaf kepada nasabah dan ganti rugi dana hilang harus dilakukan, serta mengusulkan penyelesaian damai agar nasabah tidak melakukan tuntutan lebih lanjut,” Tandasnya.

Sementara sampai dengan berita ini diterbitkan, Humas Bank Lampung masih belum mau memberikan klarifikasi.

Diketahui bahwa, salah satu pejabat forkopimda Provinsi Lampung pada tahun 2023 lalu kehilangan sejumlah uang di rekeningnya,yang ternyata dipindah bukukan ke rekening orang lain yang merupakan pegawai bank.

Informasi yang redaksi dapat, karyawan tersebut sudah tidak lagi dipekerjakan sebagai pegawai. (RED)

 

Loading