Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Metro Memperingati Hari Kunjungan Dengan Berbagai Kegiatan

Metro, Intisarinews.co.id–Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro peringati hari kunjung perpustakaan dengan berbagai rangkain kegiatan dan perlombaan yang berlangsung di Halaman Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro, Selasa (24/10/2023).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Metro Komarudin menuturkan bahwa kegiatan yang diadakan hari ini adalah hari kunjung perpustakaan yang merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya.

“Tujuannya adalah untuk mengerakan budaya minat masyarakat sebagaimana fungsi kami di perpustakaan dan hari ini adalah pembukaan,”ujarnya.

Kegiatan hari kunjung perpustakaan di Kota Metro akan diadakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 24 sampai 26 Oktober 2023.

“Rangkain kegiatannya adalah sayembara kegiatan pada kelas menulis, ada lomba Pidato Bahasa Lampung untuk tingkat SMP dan sederajat, ada lomba menulis cerpen di tingkat SMA, lomba bercerita tingkat SD dan kegiatan pameran yang melibatkan Perpustakaan Kelurahan dan Kecamatan,”bebernya.

Salah satu Program Perpustakaan Nasional dalam rangka mengembangkan literasi di daerah, ke depan Dinas Perpustakaan dan kearsipan daerah juga akan mengembangkan perpustakaan yang ada di kelurahan-kelurahan melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Harapannya kegiatan yang diadakan di perpustakaan yang ada di kelurahan bukan hanya membaca dan menulis tetapi lebih jauh dari itu. Artinya lebih menekankan kepada inklusi sosialnya, jadi berbagai aktifitas dapat dilakukan di sana dengan melibatkan stake holder, MP One, penggiat, toko-toko buku,dan UMKM,”tuturnya.

Komarudin juga mengajak seluruh masyarakat Kota Metro untuk bersama-sama mengunjungi perpustakaan, karena keberhasilan perpustakan di kota metro untuk mengembangkan budaya membaca tidak bisa dilakukan sendiri oleh Pemerintah Kota Metro tetapi butuh peran seluruh masyarakat dan stake holder yang ada.

“Ke depan Perpustakaan Kota Metro akan mengembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi sekarang dengan membuat buku digital yang akan disosialisasikan ke masyarakat,”jelasnya.(Man)

Loading