Qomaru Zaman, Meminta Masyarakat Purwosari Ikut Berperan Aktif Dalam Menjaga Hasil Pembangunan

Metro, Intisarinews.co.id–Wakil Wali Kota Metro menghadiri Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) yang mengusung tema pembangunan tahun 2025, Penguatan Pembangunan Sumber Daya Manusia untuk Mewujudkan Masyarakat yang Sejahtera, Berbudaya dan Berakhlak Mulia bertempat di Aula Kelurahan Purwosari, Selasa (20/02/2024).

 

 

Lurah Purwosari, Sutoro, melaporkan bahwa Kelurahan Purwosari merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Metro Utara dengan luas wilayah 2,55 km2 dan luas lahan pertanian 99 Ha dengan jumlah penduduk 6476 jiwa terdiri dari laki laki berjumlah 3279 dan perempuan 3197 jiwa.

 

 

Kelurahan yang terdiri dari 44 RT dan 07 RW tersebut, pada penggunaan dana kelurahan Tahun 2023 telah terealisasikan  beberapa pembangunan, yaitu pembuatan drainase, gorong – gorong, cor blok serta rehap pos ronda dan kamar mandi posyandu.

 

 

Untuk itu, pada tahun 2024 Kelurahan Purwosari akan mengusulkan beberapa pembangunan sarana dan prasarana , pembuatan drainase, pembuatan gorong-gorong, pembuatan pagar posyandu, pembuatan gardu jaga dan cor blok.

 

 

“Pada musrembang Kelurahan Purwosari 2024,untuk pengajuan pembangunan di 2025 aspirasi masyarakat masih dititikberatkan pada drainase lingkungan yang merupakan program sanitasi berbasis lingkungan, jalan lingkungan dan bidang sosial budaya yaitu sarana prasarana di Kober atau Paud, “

 

 

Saat diwawancari awak media, Sutoro membeberkan kucuran pagu anggaran Kelurahan Purwosari tahun 2024 mendapatkan sebanyak 5, 2 Milyar lebih  yang digunakan untuk pekerjaan fisik, ekonomi, sosial budaya.

 

 

Tak hanya itu, Anggaran tersebut juga mencangkup insentif kader pembangunan, kader lingkungan, guru ngaji, insentif RT dan RW.

 

 

“Saya mewakili warga maupun pamong mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan bantuan Pemerintah Kota Metro. Kami siap untuk melaksanakan program progam yang di berikan kepada kami,”ucapnya.

 

 

Sementara itu, Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman menyampaikan empat prioritas pembangunan yang akan dilakukan di Kelurahan Purwosari, yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), peningkatan pertumbuhan ekonomi, pengembangan infrastruktur, saranan dan prasarana yang berkesinambungan, serta transformasi birokrasi.

 

 

Dalam kunjungannya, Qomaru Zaman juga mengajak masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam pelaksanaan musrenbang tingkat kelurahan guna menjaring aspirasi kebutuhan yang ada di dalam wilayah kelurahan, maupun antar wilayah kelurahan sebagai bentuk pembangunan yang partisipatif.

 

 

“Kedepan kita harus terus mengurus kota ini dengan sebaik – baiknya sehingga Kota Metro ke depan akan menjadi Kota yang bermartabat dan terhormat”,ujarnya.

 

 

Dia berharap masyarakat juga dapat ikut berpartisipasi dalam menjaga hasil pembangunan, dengan melakukan pemantauan terhadap kendaraan-kendaraan yang bertonase besar seperti truk  agar dapat berhati-hati dan mengikuti aturan yang ada.

 

 

“Saya meminta kepada masyarakat untuk memberikan perhatian kepada pengguna jalan termasuk hal – hal yang terkait dengan drainase”,ungkapnya.
Menurutnya saat ini Kota Metro telah mengalami banyak perubahan di sepanjang ruas jalan sudirman yang memberikan efek perubahan pada pertumbuhan ekonomi yang cukup luar biasa untuk masyarakat, sehingga perlu menjadi bagian konsentrasi bagi semua pihak baik dalam perizinan maupun kemacetan yang terjadi yang ada di ruas jalan tersebut.

 

 

Dinas Perhubungan Kota Metro juga diminta dapat berperan aktif dalam mengontrol dan memperhatikan arus lalu lintas yang terjadi di Jalan Sudirman.

 

 

“Atas nama Pemerintah Kota Metro sekali lagi bangga dan memberikan apresiasi kepada seluruh warga purwosari yang telah selalu mendukung pembangunan yang ada di purwosari”,tuturnya (Man)

Loading