Rekapitulasi Sudah Selesai Berikut Daftar 25 Caleg Metro Yang Bakal Dilantik

Metro, Intisarinews.co.id–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro telah menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam Pemilu Legislatif (Pileg) di Kota setempat. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) unggul dengan perolehan 5 kursi legislatif.
Berdasarkan data yang dihimpun Intisarinews.co.id dari form model D. Hasil Kabko-DPRD Kabko, terdapat 25 Caleg yang bakal duduk menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro.
Ke-25 Caleg tersebut berasal dari 7 Partai Politik (Parpol) di Kota Metro. Yang mana PDIP memimpin dengan perolehan 5 kursi legislatif. Lalu disusul dengan Golkar sebanyak 4 kursi legislatif.
Kemudian PKS dengan 4 kursi, lalu Partai NasDem dengan 4 kursi, berikutnya ialah Demokrat dengan 3 kursi legislatif dan PKB dengan 3 kursi serta terakhir ialah Partai Gerindra dengan perolehan 2 kursi legislatif.
Ketua KPU Kota Metro, Nurris Septa Pratama menjelaskan bahwa rekapitulasi 5 pemilihan di Metro telah selesai dan telah di laporkan ke KPU Provinsi Lampung.
“Alhamdulillah KPU Kota Metro dari tanggal 27 sampai pukul 14.00 WIB tanggal 28 kemarin kita sudah melakukan proses rekapitulasi perolehan perhitungan suara untuk 5 pemilihan. Semuanya sudah selesai dan alhamdulillah kemarin malam kita juga sudah melaporkan semua proses itu ke KPU Provinsi,” kata dia saat dikonfirmasi konfirmasi Intisarinews.co.id di kantornya, Jum’at (1/3/2024).
“Proses penetapan calon terpilih, baik itu Presiden sampai dengan DPRD tingkat Kota Metro tentu melalui mekanisme. Kami sudah menyelesaikan rekap tingkat kota, tapi kami masih menunggu proses rekap di tingkat provinsi,” imbuhnya.
Ia menerangkan, usai proses rekapitulasi di tingkat Kota dan provinsi, selanjutnya rekapitulasi akan dilakukan pada tingkat nasional.
“Setelah itu baru secara nasional akan direkap, setelah itu tentu ada proses mekanisme yang lain. Nantinya kita masih menunggu putusan MK, pas penetapan rekap itu kan MK berproses ya, ada atau tidaknya gugatan di masing-masing wilayah,” ujarnya.
Pria yang akrab disapa Septa tersebut juga meminta seluruh peserta pemilu dan masyarakat dapat bersabar menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK). Jika tidak ditemukan gugatan, KPU baru akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) penetapan calon anggota legislatif yang bakal dilantik.
“Kalaupun misalnya di kabupaten kota itu tidak ada gugatan, maka MK juga akan mengeluarkan SK bahwasanya ini bisa ditetapkan. Kalau nanti dalam prosesnya ada gugatan, pasca lima hari setelah putusan KPU nasional, maka kami juga belum bisa menetapkan sehingga prosesnya harus selesai dulu di MK,” ungkapnya.
Dirinya juga menginformasikan bahwa terdapat dua Parpol di Metro yang memperoleh suara terbanyak. Kedua partai tersebut ialah PDIP dan Golkar.
“Sementara dari hasil kemarin data yang kita input memang ada partai PDIP Perjuangan dan Golkar yang cukup tinggi. Tapi kita belum bisa sampaikan karena ini kan masih rekap tentu kami akan berproses berapa kursi pembagiannya,” terangnya.
“Karena itu nanti akan dijawab pada proses penetapan. Untuk sementara perolehan suara paling besar dua partai tersebut, kemudian disusul misalnya PKS, Nasdem dan lainnya,” sambungnya.
Menanggapi beredarnya informasi terkait data 25 Caleg yang diprediksi bakal duduk sebagai anggota DPRD Kota Metro, Septa mengimbau agar masyarakat dapat bersabar menunggu keputusan resmi dari KPU.
“Saya mohon kepada teman-teman semua, baik itu partai politik, masyarakat dan termasuk caleg-caleg untuk bersabar. Mekanisme ini kan masih cukup panjang artinya dari kota kemudian ke provinsi dan nasional,” bebernya.
“Nanti pada proses penetapan lah kita ketahui siapa-siapa partai dan mendapatkan berapa kursinya serta siapa saja yang duduk itulah yang akan kami tetapkan,” lanjutnya.
Ia bahkan menyarankan agar 25 nama Caleg yang digadang akan duduk menjadi anggota DPRD Kota Metro tersebut tidak berefornia sebelum penetapan.
“Jangan berefornia dulu, kita sama-sama menjaga kondisi dan stabilitas Kota Metro jangan sampai ada klaim sepihak dan lain sebagainya. Percayakanlah proses ini pada KPU sehingga ini bisa berjalan dengan baik,” tandasnya.
Berikut 25 nama Caleg yang bakal duduk menjadi anggota Dewan berdasarkan sumber form model D. Hasil Kabko-DPRD Kabko yang dirangkum.
Pada Dapil 1, Kecamatan Metro Pusat :
1. Hi. Fahmi Anwar, SE dari Partai Demokrat dengan perolehan 3.002 suara
2. Roma Doni Yunanto, S.Pt dari PKS dengan perolehan 2.678 suara
3. Ancilla Hernani SE., S.Psi., M.Pd dari PDI Perjuangan dengan perolehan 2.431 suara
4. Ria Hartini, S.Sos., MM dari PDI Perjuangan dengan perolehan 2.430 suara
5. Ansori, SE., MM dari Partai Nasdem dengan perolehan 2.395 suara
6. Maryati, SKM., M.Kes dari Partai Golkar dengan perolehan 2.376 suara
7. Kun Komaryati, SE dari Partai Golkar dengan perolehan 2.143 suara
8. Yusron Fauzi Saleh, SH alias Icon Arab dari PKB dengan perolehan 1.719 suara
Pada Dapil 2, Kecamatan Metro Utara :
1. Drs. Sudarsono, MM dari Partai Gerindra dengan perolehan 2.594 suara
2. Efril Hadi, SE., M.Kes dari partai Nasdem dengan perolehan 2.321 suara
3. Didik Isnanto dari PDI Perjuangan dengan perolehan 1.893 suara
4. Ahmad Kuseini, M.Pd dari PKS dengan perolehan 1.844 suara
5. Iin Dwi Astuti, SE dari Partai Golkar dengan perolehan 1.768 suara
Pada Dapil 3, Kecamatan Metro Timur :
1. Amrulloh, SH., MH dari Partai Demokrat dengan perolehan 2.884 suara
2. Subhan, SE dari Partai Golkar dengan perolehan 2.304 suara
3. Abdulhak, SH., MM Partai NasDem dengan perolehan 2.103 suara
4. Basuki, S.Pd dari PDI Perjuangan dengan perolehan 2.086 suara
5. Hi. Wasis Riyadi, S.Sos, MH dari PKS dengan perolehan 1.785 suara
6. Sutikno dari PKB dengan perolehan 1.386 suara
Pada Dapil 4, Kecamatan Metro Barat dan Kecamatan Metro Selatan
1. Basuki Rahmad dari Partai Demokrat dengan perolehan 3.012 suara
2. Wahid Asngari, S.Pd.I., M.Pd.I dari PKB dengan perolehan 1.957 suara
3. A Chahyadi Lamnunyai, SH dari PDI Perjuangan dengan perolehan 1.908 suara
4. Ir. Hadi Kurniadi, ST., MT dari PKS dengan perolehan 1.719 suara
5. Ahmadi dari Partai Gerindra dengan perolehan 1.478 suara
6. Ir. Deswan dari Partai NasDem dengan perolehan 1.360 suara.(Man)

Loading