Jelang Nataru, Tugu Pena Metro Bakal Diresmikan

METRO, Intisarinews.co.id – Kabar gembira bagi masyarakat Kota Metro, icon baru tugu Pena bakal diresmikan pada akhir tahun menjelang hari raya Natal dan tahun Baru (Nataru) 2024 mendatang.
Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Metro, Qomaru Zaman saat meninjau progres pembangunan Tugu Pena Metro, Rabu (20/12/2023).
Pria kelahiran Metro pada 2 Desember 1962 tersebut menyampaikan rasa terimakasihnya atas peran serta Bank Lampung dalam mendukung pembangunan di Bumi Sai Wawai.
“Sebelum saya masuk ke progress, saya menyampaikan terima kasih kepada bang Lampung yang telah memberikan kontribusinya kepada Kota Metro untuk menjadi kota yang cantik lagi,” kata dia.
Dirinya memproyeksikan peresmian icon baru tugu Pena tersebut bakal dilakukan sebelum hari Raya Natal 2023. Ia mengungkapkan bahwa progres pembangunan telah mencapai 85 persen.
“Jadi saya harapkan nanti pada saatnya, progresnya sampai tanggal 24 atau 25 besok sudah 100 persen selesai dan akan kita resmikan,” ujarnya.
“Ini sudah masuk tahapan finishing 85 persen, tinggal perapian saja. Untuk teknisnya ke Dinas PU ya,” sambungnya.
Ia menilai, pembangunan Tugu Pena Metro yang menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Lampung tersebut dapat menjadi icon masa depan bagi Bumi Sai Wawai.
“Kota ini dibangun dengan suasana yang cantik dong, ini untuk icon masa depan kota, maka pada titik mana kita harus melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat. Ini menjadi sejarah besar untuk masyarakat,” pungkasnya.
Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Metro, Robby Kurniawan Saputra menjelaskan bahwa tahapan pembangunan Tugu Pena Metro telah masuk ke proses perapihan.
“Kalau saya lihat dari bobot penyelesaian pekerjaan lebih kepada perapihan dan kebersihan lingkungan. Karena item RAB nya mereka itu ada pekerjaan tersebut terakhir,” ungkapnya.
Robby mengklaim, kehadiran Tugu Pena Metro dapat mengurai kemacetan dan memperlancar arus lalulintas di pusat kota.
“Harapannya seperti itu, karena pada saat penentuan titik tugu Pena ini sudah melalui kajian lalulintas dari kementrian perhubungan lalu ini juga di bangun di atas jalan nasional dan sudah keluar rekomendasinya,” paparnya.
Bangunan yang bakal menjadi icon baru di Kota Metro tersebut dibangun dengan diameter 9 meter dan tinggi 16 meter.
“Secara sosial harapannya ini dapat menjadi iconnya Kota Metro. Diameter idealnya ini nantinya akan menjadi sembilan meter, dengan tinggi 16 meter. Ini sudah cukup layak untuk mengurai kemacetan,” bebernya.
Sementara terkait dengan peresmiannya, Kepala DPUTR tersebut memastikan tugu itu akan di launching pada akhir Desember tahun ini.
“Soal waktu peresmian nanti tergantung pada pimpinan, pak Wali sama pimpinan bank Lampung. Dimungkinkan nanti di akhir bulan Desember ini, dipastikan bulan Desember ini diresmikan,” tandasnya.
Diketahui, proyek pembangunan Tugu Pena yang menggunakan CSR Bank Lampung tahun 2023 tersebut dikerjakan oleh PT Prana Muda Karya dengan nilai pekerjaan sebesar Rp 420 Juta. (*/Man)

Loading