Masyarakat Karangrejo Metro Utara Antutias Ikuti Kegiatan Musrenbang

Metro, Intisarinews.co.id – Masyarakat Karangrejo, Metro Utara, Kota Metro antusias mengikuti kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang diselenggarakan di aula kelurahan setempat, Selasa, 20/2/2024.
Dari pantauan awak media, kegiatan tersebut nampak dihadiri sekitar 100 peserta, terdiri dari berbagai macam lapisan masyarakat, yang notabenenya hadir untuk ikut serta berperan menyampaikan aspirasi, melalui usulan-usulan dalam musrenbang tingkat kelurahan.
Tercatat puluhan pertanyaan, usulan, kritik dan saran diucapkan sejumlah warga, untuk upaya pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Metro. Gagasan-gagasan itu didominasi hal-hal seputar pembangunan infrastruktur, sosial-budaya dan ekonomi.
Seperti misalnya, pernyataan RW 11 Kelurahan Karangrejo yang mengaku telah mengusulkan pengadaan 6000 meter drainase, tapi realisasinya hanya 150 meter. Dia nampak bingung dengan progres kegiatan pembangunan.
Selain itu, warga lainnya juga mengeluhkan perihal kondisi infrastruktur jalan yang juga banyak mengalami kerusakan. Bahkan, disebutkan bahwa masih ada ruas jalan onderlagh di tengah permukiman masyarakat.
Wali Kota Metro yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkot Metro, Staf Ahli Bidang I Kemasyarakatan dan SDM, Staf Ahli Bidang II Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, serta Staf Ahli Bidang III Hukum, Pemerintahan dan Politik mencoba menjelaskan dengan humanis, segala aspirasi masyarakat.
“Saya mengajak masyarakat untuk aktif dalam kegiatan masyarakat semisal ini. Maka, silakan sampaikan usulan-usulan, yang nantinya akan diseleksi menjadi skala prioritas. Nanti akan dibantu oleh Lurah dan Camat ya,” kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkot Metro, Supriyadi.
Dijelaskannya, Pemkot Metro tentu memiliki keterbatasan dalam merealisasikan usulan warga, tidak semua aspirasi masyarakat bisa direalisasikan setelah musrenbang, karena hal itu berkenaan dengan terbatasnya anggaran.
“Musrenbang ini ada tahapannya. Setelah musrenbang ini, nanti ada lagi tingkatan selanjutnya, yakni tingkat kecamatan ya. Jadi, kalau ada masyarakat yang merasa pembangunan kurang berkeadilan, maka harus dipahami dulu tentang skala prioritas, karena tidak mungkin semua usulan itu bisa merata direalisasikan semua,” tukasnya.
Masyarakat Karangrejo berharap, hasil dari musyawarah pembangunan diharapkan bisa sesuai dengan dengan apa yang diharapkan dan dibutuhkan.
Meski begitu, Pemkot Metro meminta masyarakat untuk memahami, bahwa setiap usulan yang disebutkan, tak mungkin semuanya bisa diakomodir. Karena, butuh pembahasan lebih lanjut dan kajian yang lebih mendalam untuk menentukan skala prioritas dalam pembangunan yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). (Man)

Loading