Walikota Metro Wahdi Menjadi Inspektur Upacara Dalam Peringatan Hari Pahlawan ke-78

Metro, Intisarinews.co.id–Pemerintah Kota Metro menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke-78 tahun 2023 yang diselenggarakan di Lapangan Samber Kota Metro, Jumat (10/11/2023).

Dalam pelaksanaan upacara bendera yang berlangsung khidmat dan lancar tersebut, Wali Kota Metro bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin berharap di hari pahlawan yang ke-78, generasi-generasi bangsa dapat mencontoh semangat perjuangan dan Suri Tauladan para pejuang Indonesia.

“Bangsa yang besar, bangsa yang sumber daya alamnya kaya ini tentu butuh sumber daya manusianya yang betul-betul baik dan mengabdikan dirinya, hidupnya kepada masyarakat,”ujarnya.

Wahdi juga menjelaskan bahwa di Hari Pahlawan ini, Presiden Joko Widodo telah menetapkan 6 (enam) tokoh Indonesia sebagai Pahlawan Nasional baru.

Gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden nomor 115-TK-tahun 2023 tertanggal 6 November 2023 yang diberikan kepada Ida Dewi Agung Jambe dari Bali, Bataha Santiago dari Sulawesi Utara, M. Tabrani dari Jawa Timur, Ratu Kalinyamat dari Jawa Tengah, KH Abdul Chalim dari Jawa Barat, dan KH Ahmad Hanafiah dari Lampung.

“Ada 6 Pahlawan Nasional , dimana salah salah satunya berasal dari Lampung yaitu KH Ahmad Hanafiah,”terangnya.

KH Ahmad Hanafiah adalah seorang ulama dan pejuang asal Lampung yang sempat menjadi Ketua Laskar Hizbullah dan ikut berperan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari Belanda dalam pertempuran di Kemarung.

Wahdi juga berpesan kepada generasi-generasi bangsa Indonesia untuk tetap terus belajar Personal mastery yaitu mengenal dirinya dan spiritual mastery .

“Nilai-nilai ajaran agama dan sebagainya, kemudian berbudi pengerti yang baik, kemudian belajar yang baik untuk mengisi ke depan bahwa ini proses regenerasi bangsa kita,” bebernya

Menurutnya, saat ini yang dibutuhkan oleh generasi ke depan adalah sumber daya manusia yang hebat, sesuai dengan Visi Misi Kota Metro GEMERLANG (Generasi Emas Metro Cemerlang) capaian peta emas 2045.

“Untuk Indonesia, untuk Kota Metro Tahun 2037, Generasi Emasnya Kota Metro itu Tahun 2037,”tutur Wahdi. (Man)

Loading