Dinas Kesehatan Metro Memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ke-16

Kota Metro, Intisarinews.co.id–
Pemerintah Kota Metro Melalui Dinas Kesehatan Kota Metro ,Memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Bertempat di TK Pertiwi  daerah setempat bertema “Tangan Bersih Berada Dalam Jangkauan” pada Jumat (1/12/2023).
Kepala Dinas kesehatan Kota Metro Eko Hendro Saputra,  Hari  itu  kepada  hadirin mengatakan, Bahwa ,Hal yang melatar belakangi hari cuci tangan sedunia itu adalah ,Dimulai untuk mengurangi angka kematian Anak,penyakit pernafasan, serta Diare,Dengan memperkenalkan perubahan prilaku sederhana,Seperti mencuci tangan pakai sabun jelasnya.
“Tindakan sederhana ini dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit pernafasan hingga 25 persen, Imbuhnya.
Kematian akibat penyakit diare dapat dikurangi hingga 50  persen.
 Dia mengajak untuk terus mengkampanyekan ,”mari mencuci tangan pakai sabun”
Untuk mendorong tercapainya Pilar kedua STBM lebih baik lagi  ,dia berharap,kecamatan dan kelurahan bergerak aktif untuk memotifasi warganya,untuk selalu terbiasa  mencuci tangan pakai sabun terlebih para ibu ibu yang memiliki balita.
Walikota Metro Wahdi Siradjuddin.kepada Awak media, mengatakan pagi ini kita di TK pertiwi memperingati Hari cuci tangan pakai sabun sedunia yang ke -16.
Bahwa ada rangkaian kegiatan yang kita jalankan ,salah satunya memberikan Edukasi kepada anak anak kita tentang pentingnya cuci tangan.
“Cuci tangan merupakan pilar kedua dari sanitasi total berbasis masyarakat yang Nota bene Metro  ini sudah mendapat penghargaan STBM tiga di tahun 2022,”ungkapnya.
Artinya STBM berlanjut ,sekali lagi pembangunan tidak boleh berhenti,dia harus berlanjut dan harus meletakkan dasar dasarnya,
Mudah mudahan kegiatan seperti ini”.,ya Sudah menggambarkan Metro Adalah kota Sehat” pungkasnya.
Kepada wartawan Kepala dinas Kesehatan Kota Metro Eko Hendro Saputra mengatakan,Momen pusatnya disini,yaitu TK Pertiwi ,kita undang dimetro pusat ada lima TK yang kita undang  untuk mewakili,jelasnya.
“Setelah ini kita Semua Sosialisasi kebawah kesemua TK,SD,SMP,kekecamatan kecamatan,Ini hanya momennya saja “.
Kadis Kesehatan menuturkan ,Ini dalam rangka kita memberikan Edukasi secara dini bagaimana pentingnya cuci tangan pakai sabun,karena akan menghilangkan kuman kuman penyakit.
“Karena faktor terbesar dalam mempengaruhi penyakit salah satunya adalah faktor lingkungan dan prilaku”, ujarnya.
Dia menambahkan ,Bagaimana prilaku kita bersih dan sehat dimulai dari sedini mungkin dari TK,SD,SMP,Sampai kita dewasa.(Man)

Loading