HUT MPP Kota Metro ke 1 Gelar Berbagai Kegiatan

 

Kota Metro, Intisarinews.co.id–Pemerintah Kota Metro gelar berbagai kegiatan untuk merayakan Hari Ulang Tahun Mal Pelayanan Publik (MPP) ke-1 Tahun 2023 yang berlangsung di Halaman MPP Kota Metro, Selasa (05/12/2023).
Hadirnya Mal Pelayanan Publik yang berkonsep satu pintu di Kota Metro adalah untuk mempermudah sistem pelayanan masyarakat dalam memperoleh layanan dari berbagai instansi dan juga merupakan bagian dari perbaikan dan transformasi tata kelola pelayanan publik yang dirancang oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(KEMENPAN RB).
Pada HUT Mal Pelayanan Publik, Pemerintah Kota Metro menghadirkan berbagai kegiatan seperti Senam Bersama, Agro Ceria, Pasar Murah, Bazar UMKM, Pameran Properti, Donor Darah, Periksa Kesehatan Gratis, Pelayanan Oleh Kepala Instansi dan Pengundian Doorprize.
Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman menyampaikan bahwa kegiatan ini salah satu upaya bersama yang dilakukan Pemerintah Kota Metro untuk mengenalkan  keberadaan dan fungsi Mal Pelayanan Publik yang menyediakan lebih dari 269 perizinan dari 29 Instansi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Metro.
“Harapannya masyarakat dapat memilih jenis layanan yang diinginkan dalam satu tempat sesuai dengan kebutuhannya tanpa kebingungan lagi, karena hampir semua jenis layanan ada di MPP ini. di tambah lagi teknologi digital dan sistem online yang dapat mengurangi waktu tunggu dan mempermudah proses administratif,”ujar Qomaru Zaman.
Selain itu, standar pelayanan harus menjadi tolak ukur yang digunakan sebagai acuan dalam penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih efisien dan mudah diakses bagi masyarakat.
”Saya dan Walikota Metro serius terkait dalam melayani masyarakat, seperti contohnya gedung ini yang kita manfaatkan sebaik-baiknya selain untuk pesta atau gedung pertemuan,”tuturnya.
Tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau bagi masyarakat dalam mengurus perizinan.
Qomaru berharap kepada seluruh aparatur atau pegawai MPP agar dapat terus mengembangkan kualitas diri, mengingat MPP Kota Metro juga telah ditetapkan menjadi salah satu dari 21 kabupaten/ kota yang menjadi pilot project penerapan MPP Digital di Indonesia.
“Saya berharap ke depan secara bertahap seluruh pelayanan publik di MPP dapat di integrasikan dalam sebuah aplikasi MPP Digital yang tentunya harus disikapi dengan peningkatan SDM yang ada,”harapnya.
Sebagai Wakil Wali Kota Metro dia juga berpesan kepada seluruh aparatur pelayanan yang ada di MPP Kota Metro untuk tidak cepat merasa puas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena akan mematikan kreativitas kita dalam menciptakan inovasi dalam pelayanan.
Sementara itu, Kepala  DPM-PTSP Kota Metro Deny Sanjaya mengungkapkan bahwa dirinya ke depan akan terus mengupgrade pelayanan yang ada di MPP Kota Metro seperti saat ini yaitu telah menghadirkan Taspen yang bertugas tidak hanya melayani masyarakat Kota Metro saja, tetapi juga dari Lampung Timur dan Lampung Tengah.
“Kemudian nanti langkah konkret yang akan kita laksanakan kedepannya yaitu menghadirkan layanan Imigrasi disini, dimana masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji bisa mengurus Imigrasinya di MPP Kota Metro,”ungkapnya.
Deny Sanjaya juga memohon dukungan dan doa kepada seluruh masyarakat agar Pemerintah Kota Metro dapat memberikan pelayanan yang terbaik.
Kegiatan diakhiri dengan Penyerahan Penghargaan yang diberikan oleh Mal Pelayanan Publik kepada para pelaku usaha yang ada di Kota Metro. (Man)

Loading